Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MARKETISASI PARIWISATA KABUPATEN KARANGANYAR


I. Tinjauan pustaka
a.      Pengertian marketing
Marketing atau yang biasa disebut pemasaran adalah satu hal penting dalam usaha bisnis atau mempromosikan sebuah produk. The  American  Marketing  Association mendefinisikan  Marketing  (management) sebagai “the process of  planning and executing the conception, pricing, promotion, and  distribution  of  ideas,  goods,  and  services  to  create  exchanges  that  satisfy individual  and  organizational  objectives. Secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah proses 1) perencanaan  dan  pelaksanaan konsepsi,  2) penetapan harga,  3) promosi,  dan 4)pendistribusian gagasan baik barang dan/atau jasa untuk 5)menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi tujuan individu dan organisasi.
Philip Kotler mendefiniskan  marketing  management  sebagai  “the  art  and  science  of  choosing target  markets  and  getting,  keeping,  and  growing  customers  through  creating, delivering, and communicating superior customer values”, Seni dan ilmu di dalam memilih  sasaran  pasar  dan  mendapatkan keuntungan,  memelihara  dan  mengembangkan  para pelanggan  melalui  proses  penciptaan,  penyampaian  dan  pengkomunikasian  nilai pelanggan yang lebih baik.
Dari dua definisi diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa marketing adalah proses dalam mempromosikan produk berupa barang dan/atau jasa yang telah kita hasilkan sesuai dengan konsep yang telah kita buat dengan menggunakan seni dan ilmu.agar lebih mudah, berikut penjabaran beberapa poin dari definisi marketing yaitu :
1)      Proses perencanaan  dan  pelaksanaan konsepsi,
Dalam membuat rencana dan konsepsi ini dapat ditentukan apa produk yang akan dihasilkan, branding apa yang akan dijual dan seperti apa produk itu ditawarkan kepada konsumen.
2)      Penetapan harga,
Penetapan harga menjadi factor penting dalam marketing karena harga mahal dan murah dapat mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk perusahaan.
3)      Promosi,
Tidak cukup dengan mendesain produk yang bagus dan menetapkan harga yang layak di pasaran, namun kita juga perlu mempromosikan produk itu kepada khalayak.
4)      Pendistribusian gagasan baik barang dan/atau jasa
Dalam pendistribusian gagasan perlu diseting juga agar barang dan jasa yang dihasilkan dapat sampai kepada konsumen.
5)      Menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi tujuan individu dan organisasi.
Sudah barang tentu ini dilakukan dalam desain agar tujuan dari marketing  ini dapat tercapai.

b.      Konsep-konsep dalam marketing
Konsep-konsep dalam marketing dapat dilihat dari beberapa aspek yang pada intinya konsep-konsep ini adalah konsep yang dapat mengefktifkan, mengefisiensikan dan dapat memberikan kepuasan kepada konsumen. Sebagaimana yang disebutkan oleh Puspito bahwa marketing ini sangat penting dimiliki oleh perusahaan, terkusus perusahaan kecil dan menengah.
Di  dalam  marketing atau pemasaran  terdapat  lima  konsep  yang  mendasari  aktivitas  pemasaran  perusahaan atau organisasi yaitu 1) konsep produksi, 2) konsep produk, 3) konsep penjualan, dan 4) konsep pemasaran.
1)      Konsep Produksi
Konsep produksi  pada dasarnya memiliki pandangan  bahwa  konsumen akan lebih menyukai  produk-produk yang tersedia di mana-mana dan dengan harga murah.
2)      Konsep Produk
Konsep produk berpandangan bahwa produk yang berkualitas baik dan innovative akan lebih disukai oleh konsumen.
3)      Konsep Penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa perusahaan haruslah  melakukan  usaha  penjualan  dan  promosi  yang agresif.
4)      Konsep Pemasaran
Konsep  pemasaran  berlandaskan pada tujuan  perusahaan harus dicapai dengan cara yang lebih efektif  dari para pesaingnya dalam  hal  menciptakan,  menyampaikan,  dan  mengkomunikasikan  kepada  pasar sasaran yang ditetapkan nilai manfaat bagi konsumen
Dari kelima konsep diatas maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa kelima konsep ini bisa dijadikan dasar dalam menentukan strategi marketing/pemasaran yang akan kita lakukan.

c.       Pariwisata di karanganyar
Salah satu poin penting yang dapat meningkatkan pendapatan sebuah daerah adalah sector pariwisata. Berikut ini beberapa objek pariwisata yang berada di karanganyar berdasarkan sumber dari http://regionalinvestment.bkpm.go.id/newsipid/id/commodityarea.php?ia=3313&ic=1139 .
1.      Puncak Lawu
Puncak lawu merupakan wisata gunung dan pendakian.
- Lokasi : Gondosuli, Tawangmangu
- Fasilitas : Jalan setapak, pos keamanan, petunjuk arah
2. Pringgodani
- Lokasi : Blumbang, Tawangmangu
- Fasilitas : Pancuran tujuh, Barak penginapan, Tempat Ziarah (petilasan panambahan Koconegoro), Jalan setapak.
3. Sekipan
- Lokasi : Kalisoro, Tawangmangu
- Fasilitas : Gedung pertemuan, Arena Camping, Arena perkemahan, Jalan setapak.
4. Gunung Bromo
- Lokasi : Delingan, Karanganyar
- Fasilitas : Panggung hiburan, Arena anak-anak, Kopel peristirahatan, Hutan lindung, Petilasan Nyi Ageng Serang, Jalan Aspal.
5. Grojogan sewu
- Lokasi : Kalisoro, Tawangmangu
- Fasilitas : Air terjun, Kios Cindera mata, - Kolam renang, Hutan Lindung, Fauna (kera).
6. Monumen Tanah Kritis
- Lokasi : Jumantono
- Fasilitas : Joglo pertemuan, Monumen, - Tanah kritis, Taman rumput, Kumpulan tanaman langka, Arena perkemahan.
7. Sendang kuning
- Lokasi : Karangpandan
- Fasilitas : Bak mandi, Sendang / air warna kuning.
8. Air Terjun Temanten
- Lokasi : Gumeng, Jenawi
- Fasilitas : Jalan setapak
9. Tlogo Madirdo
- Lokasi : Ngargoyoso
- Fasilitas : Sumber Air
10. Air Terjun Jumok
- Lokasi : Ngargoyoso
- Fasilitas : Jalan setapak
11. Air Terjun Parang Ijo
- Lokasi : Ngargoyoso
- Fasilitas : Air Terjun.
12. Pablengan
- Lokasi : Pablengan,Karangpandan
- Fasilitas : Air Terjun, 7 air sumber, Joglo pertemuan, Mushola, Kamar mandi, MCK.
13. Balong
- Lokasi : Balong, Jenawi
- Fasilitas : Jalan makadam
14. Cumpleng
- Lokasi : Plumbon, Tawangmangu
- Fasilitas : Sumber air panas, Joglo air mancur, Kamar mandi, MCK.
15. Goa Cokrokembang
- Lokasi : Anggrasmanis, Jenawi
- Fasilitas : Jalan setapak.
16. Goa kendalisodo
- Lokasi : Anggrasmanis, Jenawi
- Fasilitas : Jalan setapak.
17. Goa Tlorong
- Lokasi : Lempong, Jenawi
- Fasilitas : Jalan setapak.
            Dari beberapa objek wisata diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa karanganyar kaya akan wisata alam.

II.  Pembahasan
Dari hasil tinjauan pustaka dan beberapa data tentang pariwisata yang ada di karanganya maka kami memberikan beberapa erobosan solusi yang harus dilakukan oleh karanganyar untuk memajukan pariwisata karanganyar. Berikut prioritas pemecahan masalah dari masing-masing konsep yang ada yaitu :
1)      Produksi
Karena produksi erat kaitannya dengan harga dari produk itu sendiri, maka dariitu akan sangat baik ketika karanganyar memberikan harga yang terjangkau untuk pengunjung.

2)      Produk
Produk pariwisata karanganyar dapat dikemas menjadi produk yang bagus dan menarik. Dalam hal ini dapat digagas beberapa agenda strategis diantaranya :
-          Produk pariwisata alam
-          Produk pariwisata edukasi
-          Produk pariwisata agraris
-          Produk pariwisata organik

3)      Penjualan
Penjualan erat kaitannya dengan penjualan. Sebenarnya ketika pariwisata ini baik dan menarik, maka akan sangat mudah untuk dijual kepada para pengunjung, bukan hanya pengunjung dalam negeri, namun juga luar negeri.
.
4)      Pemasaran
Pemasaran erat kaitannya dengan branding dan icon yang harus dimiliki oleh pariwisata karanganyar. Selain itu, karanganyar juga harus bisa memberikan agenda yang dapat meningkatkan daya Tarik produknya. Berikut program hasil diskusi teman-teman KAMMI yang dapat digulirkan yaitu :
-          Menyelenggarakan event nasional
Event nasional ini dapat memberikan daya dorong yang besar untuk pengunjung lokal maupun nasional. Paling tidak, akan banyak masyarakat yang tahu dan kenal karanganyar seperti apa.
-          Pemberian icon yang tepat dan memiliki daya Tarik dari karanganyar
Icon merupakan hal penting dalam marketing. Branding sesuatu yang berbeda dan menonjol seringkali mampu memikat konsumen. Dalam hal ini KAMMI mengusulkan adanya icon sebagai daerah “pariwisata alam”.
-          Membuat web untuk memasarkan produk pariwisata
Media web ini murah dan sangat efektif untuk mempromosikan pariwisata karanganyar utamanya karena pangsa pasar/konsumen dari pariwisata ini adalah masyarakat menengah keatas yang sudah tidak asing dengan web.
-          Membuat buku panduan/our guide
-          Membuat aplikasi android “Tour Application”
Android menjamur dimana-mana, ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata karanganyar. Selain itu ini juga membantu konsumen yang target kita adalah masyarakat menengah keatas yang sudah tidak asing dengan HP Android.

III. Kesimpulan dan saran
KAMMI merekomendasikan agar karanganyar memaksimalkan potensi pariwisata dengan 4 konsep 1) maksimalisasi produksi pariwisata, 2)Maksimalisasi Produk yang berbeda dan menarik, 3) Penjualan dengan konsep yang efektif dan efisien, 4) Pemasaran atau promosi dengan 4 terobosan. Empat terobosan itu yaitu 1) Menyelenggarakan event nasional 2) Pemberian icon yang tepat dan memiliki daya Tarik dari karanganyar seperti karanganyar sebagai “pariwisata alam”, 3) Membuat web untuk memasarkan produk pariwisata, 4) Membuat buku panduan/our guide dan 5) Membuat aplikasi android “Tour Application”


                                            Daftar pustaka
Noname. Manajemen Marketing. http://vmardiw.files.wordpress.com/2006/12/marketing.pdf. Diakses tgl 8 Februari 2014 Pukul 19.00 WIB
Dave Evans and Mckee. 2010. Social Media Marketing. Indiana :  Wiley Publishing
 Herman Puspito. Entingnya marketing untuk UKM. http://www.marketing.co.id/pentingnya-strategi-marketing-untuk-ukm-2/ diakses tgl. 8 februari 2014 Pukul 19.05 WIB


Posting Komentar untuk "MARKETISASI PARIWISATA KABUPATEN KARANGANYAR"