MARKETISASI PARIWISATA KABUPATEN KARANGANYAR
I. Tinjauan
pustaka
a.
Pengertian
marketing
Marketing atau
yang biasa disebut pemasaran adalah satu hal penting dalam usaha bisnis atau
mempromosikan sebuah produk. The
American Marketing Association mendefinisikan Marketing
(management) sebagai “the process of
planning and executing the conception, pricing, promotion, and distribution
of ideas, goods,
and services to
create exchanges that
satisfy individual and organizational objectives. Secara sederhana dapat diartikan
sebagai sebuah proses 1) perencanaan
dan pelaksanaan konsepsi, 2) penetapan harga, 3) promosi,
dan 4)pendistribusian gagasan baik barang dan/atau jasa untuk 5)menciptakan
pertukaran yang mampu memenuhi tujuan individu dan organisasi.
Philip Kotler
mendefiniskan marketing management
sebagai “the art
and science of
choosing target markets and
getting, keeping, and
growing customers through
creating, delivering, and communicating superior customer values”, Seni
dan ilmu di dalam memilih sasaran pasar
dan mendapatkan keuntungan, memelihara
dan mengembangkan para pelanggan melalui
proses penciptaan, penyampaian
dan pengkomunikasian nilai pelanggan
yang lebih baik.
Dari
dua definisi diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa marketing adalah proses
dalam mempromosikan produk berupa barang dan/atau jasa yang telah kita hasilkan
sesuai dengan konsep yang telah kita buat dengan menggunakan seni dan ilmu.agar
lebih mudah, berikut penjabaran beberapa poin dari definisi marketing yaitu :
1)
Proses
perencanaan dan pelaksanaan konsepsi,
Dalam
membuat rencana dan konsepsi ini dapat ditentukan apa produk yang akan
dihasilkan, branding apa yang akan dijual dan seperti apa produk itu ditawarkan
kepada konsumen.
2)
Penetapan
harga,
Penetapan
harga menjadi factor penting dalam marketing karena harga mahal dan murah dapat
mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk perusahaan.
3)
Promosi,
Tidak
cukup dengan mendesain produk yang bagus dan menetapkan harga yang layak di
pasaran, namun kita juga perlu mempromosikan produk itu kepada khalayak.
4)
Pendistribusian
gagasan baik barang dan/atau jasa
Dalam
pendistribusian gagasan perlu diseting juga agar barang dan jasa yang dihasilkan
dapat sampai kepada konsumen.
5)
Menciptakan
pertukaran yang mampu memenuhi tujuan individu dan organisasi.
Sudah
barang tentu ini dilakukan dalam desain agar tujuan dari marketing ini dapat tercapai.
b.
Konsep-konsep
dalam marketing
Konsep-konsep
dalam marketing dapat dilihat dari beberapa aspek yang pada intinya
konsep-konsep ini adalah konsep yang dapat mengefktifkan, mengefisiensikan dan
dapat memberikan kepuasan kepada konsumen. Sebagaimana yang disebutkan oleh
Puspito bahwa marketing ini sangat penting dimiliki oleh perusahaan, terkusus
perusahaan kecil dan menengah.
Di dalam marketing
atau pemasaran terdapat lima
konsep yang mendasari
aktivitas pemasaran perusahaan atau organisasi yaitu 1) konsep
produksi, 2) konsep produk, 3) konsep penjualan, dan 4) konsep pemasaran.
1)
Konsep Produksi
Konsep produksi pada
dasarnya memiliki pandangan bahwa konsumen akan lebih menyukai produk-produk yang tersedia di mana-mana dan
dengan harga murah.
2)
Konsep Produk
Konsep produk berpandangan bahwa produk yang berkualitas baik dan
innovative akan lebih disukai oleh konsumen.
3)
Konsep Penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa perusahaan haruslah melakukan
usaha penjualan dan
promosi yang agresif.
4)
Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran berlandaskan pada tujuan perusahaan harus dicapai dengan cara yang
lebih efektif dari para pesaingnya dalam hal
menciptakan, menyampaikan, dan
mengkomunikasikan kepada pasar sasaran yang ditetapkan nilai manfaat
bagi konsumen
Dari
kelima konsep diatas maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa kelima konsep ini
bisa dijadikan dasar dalam menentukan strategi marketing/pemasaran yang akan
kita lakukan.
c.
Pariwisata
di karanganyar
Salah satu poin penting yang dapat meningkatkan pendapatan sebuah
daerah adalah sector pariwisata. Berikut ini beberapa objek pariwisata yang
berada di karanganyar berdasarkan sumber dari http://regionalinvestment.bkpm.go.id/newsipid/id/commodityarea.php?ia=3313&ic=1139
.
1.
Puncak Lawu
Puncak
lawu merupakan wisata gunung dan pendakian.
- Lokasi : Gondosuli, Tawangmangu
- Fasilitas : Jalan setapak, pos keamanan, petunjuk arah
2. Pringgodani
- Lokasi : Blumbang, Tawangmangu
- Fasilitas : Pancuran tujuh, Barak penginapan, Tempat Ziarah
(petilasan panambahan Koconegoro), Jalan setapak.
3. Sekipan
- Lokasi : Kalisoro, Tawangmangu
- Fasilitas : Gedung pertemuan, Arena Camping, Arena perkemahan,
Jalan setapak.
4. Gunung Bromo
- Lokasi : Delingan, Karanganyar
- Fasilitas : Panggung hiburan, Arena anak-anak, Kopel
peristirahatan, Hutan lindung, Petilasan Nyi Ageng Serang, Jalan Aspal.
5. Grojogan sewu
- Lokasi : Kalisoro, Tawangmangu
- Fasilitas : Air terjun, Kios Cindera mata, - Kolam renang, Hutan
Lindung, Fauna (kera).
6. Monumen Tanah Kritis
- Lokasi : Jumantono
- Fasilitas : Joglo pertemuan, Monumen, - Tanah kritis, Taman
rumput, Kumpulan tanaman langka, Arena perkemahan.
7. Sendang kuning
- Lokasi : Karangpandan
- Fasilitas : Bak mandi, Sendang / air warna kuning.
8. Air Terjun Temanten
- Lokasi : Gumeng, Jenawi
- Fasilitas : Jalan setapak
9. Tlogo Madirdo
- Lokasi : Ngargoyoso
- Fasilitas : Sumber Air
10. Air Terjun Jumok
- Lokasi : Ngargoyoso
- Fasilitas : Jalan setapak
11. Air Terjun Parang Ijo
- Lokasi : Ngargoyoso
- Fasilitas : Air Terjun.
12. Pablengan
- Lokasi : Pablengan,Karangpandan
- Fasilitas : Air Terjun, 7 air sumber, Joglo pertemuan, Mushola,
Kamar mandi, MCK.
13. Balong
- Lokasi : Balong, Jenawi
- Fasilitas : Jalan makadam
14. Cumpleng
- Lokasi : Plumbon, Tawangmangu
- Fasilitas : Sumber air panas, Joglo air mancur, Kamar mandi,
MCK.
15. Goa Cokrokembang
- Lokasi : Anggrasmanis, Jenawi
- Fasilitas : Jalan setapak.
16. Goa kendalisodo
- Lokasi : Anggrasmanis, Jenawi
- Fasilitas : Jalan setapak.
17. Goa Tlorong
- Lokasi : Lempong, Jenawi
- Fasilitas : Jalan setapak.
Dari beberapa
objek wisata diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa karanganyar kaya akan
wisata alam.
II. Pembahasan
Dari
hasil tinjauan pustaka dan beberapa data tentang pariwisata yang ada di
karanganya maka kami memberikan beberapa erobosan solusi yang harus dilakukan
oleh karanganyar untuk memajukan pariwisata karanganyar. Berikut prioritas
pemecahan masalah dari masing-masing konsep yang ada yaitu :
1)
Produksi
Karena produksi erat kaitannya dengan harga dari produk itu
sendiri, maka dariitu akan sangat baik ketika karanganyar memberikan harga yang
terjangkau untuk pengunjung.
2)
Produk
Produk pariwisata karanganyar dapat dikemas menjadi produk yang
bagus dan menarik. Dalam hal ini dapat digagas beberapa agenda strategis
diantaranya :
-
Produk pariwisata alam
-
Produk pariwisata edukasi
-
Produk pariwisata agraris
-
Produk pariwisata organik
3)
Penjualan
Penjualan erat kaitannya dengan penjualan. Sebenarnya ketika
pariwisata ini baik dan menarik, maka akan sangat mudah untuk dijual kepada
para pengunjung, bukan hanya pengunjung dalam negeri, namun juga luar negeri.
.
4)
Pemasaran
Pemasaran erat kaitannya dengan branding dan icon yang harus
dimiliki oleh pariwisata karanganyar. Selain itu, karanganyar juga harus bisa
memberikan agenda yang dapat meningkatkan daya Tarik produknya. Berikut program
hasil diskusi teman-teman KAMMI yang dapat digulirkan yaitu :
-
Menyelenggarakan event nasional
Event nasional ini dapat memberikan daya dorong yang besar untuk
pengunjung lokal maupun nasional. Paling tidak, akan banyak masyarakat yang
tahu dan kenal karanganyar seperti apa.
-
Pemberian icon yang tepat dan memiliki daya Tarik dari karanganyar
Icon merupakan hal penting dalam marketing. Branding sesuatu yang
berbeda dan menonjol seringkali mampu memikat konsumen. Dalam hal ini KAMMI
mengusulkan adanya icon sebagai daerah “pariwisata alam”.
-
Membuat web untuk memasarkan produk pariwisata
Media web ini murah dan sangat efektif untuk mempromosikan
pariwisata karanganyar utamanya karena pangsa pasar/konsumen dari pariwisata
ini adalah masyarakat menengah keatas yang sudah tidak asing dengan web.
-
Membuat buku panduan/our guide
-
Membuat aplikasi android “Tour Application”
Android menjamur dimana-mana, ini bisa dimanfaatkan untuk
mempromosikan pariwisata karanganyar. Selain itu ini juga membantu konsumen
yang target kita adalah masyarakat menengah keatas yang sudah tidak asing
dengan HP Android.
III. Kesimpulan
dan saran
KAMMI
merekomendasikan agar karanganyar memaksimalkan potensi pariwisata dengan 4
konsep 1) maksimalisasi produksi
pariwisata, 2)Maksimalisasi Produk yang berbeda dan menarik, 3) Penjualan
dengan konsep yang efektif dan efisien, 4) Pemasaran atau promosi dengan 4
terobosan. Empat terobosan itu yaitu 1) Menyelenggarakan event nasional
2) Pemberian icon yang tepat dan memiliki daya Tarik dari karanganyar seperti
karanganyar sebagai “pariwisata alam”, 3) Membuat web untuk memasarkan produk
pariwisata, 4) Membuat buku panduan/our guide dan 5) Membuat aplikasi android
“Tour Application”
Daftar pustaka
Noname. Manajemen
Marketing. http://vmardiw.files.wordpress.com/2006/12/marketing.pdf.
Diakses tgl 8 Februari 2014 Pukul 19.00 WIB
Dave Evans and Mckee. 2010. Social Media Marketing. Indiana : Wiley Publishing
Herman Puspito. Entingnya marketing
untuk UKM. http://www.marketing.co.id/pentingnya-strategi-marketing-untuk-ukm-2/ diakses tgl. 8
februari 2014 Pukul 19.05 WIB
http://regionalinvestment.bkpm.go.id/newsipid/id/commodityarea.php?ia=3313&ic=1139 diakses tgl 9
februari 2014 Pukul 12.30 WIB
Posting Komentar untuk "MARKETISASI PARIWISATA KABUPATEN KARANGANYAR"
Terimakasih...