Laporan Diklat Program KERMA-S2-SEAMOLEC
![]() |
Peserta dari UNS Program Kerma-S2-SEAMOLEC |
I.
PENDAHULUAN
SEAMOLEC adalah
kepanjangan dari South East Asean
Ministry Open and Learning Center. SEAMOLEC adalah lembaga dibawah
departemen pendidikan dan kebudayaan Indonesia, bergerak dalam pengembangan
pendidikan jarak jauh. Kantor pusatnya ada di kompleks Universitas Terbuka Jl.
Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang 15418, di Tangerang selatan, JABODETABEK,
Indonesia. E-Mail : secretariat@seamolec.org.
Saat ini SEAMOLEC
dipimpin oleh Bpk Gatot Hari Priowirjanto. Dari www.suarapembaruan.com disebutkan
bahwa menurut Direktur SEAMOLEC, SEAMOLEC adalah merupakan sebuah organisasi
yang beranggota menteri-menteri pendidikan se-Asia tenggara yang
bertnggungjawab untuk mengembangkan pendidikan terbuka dan pendidikan jarak
jauh.
Ada banyak program dari
SEAMOLEC khususnya dalam penelitian dan pengembangan pendidikan. Salah satunya
adalah program kerja sama pasca sarjana yaitu suatu proram beasiswa baik
penelitian maupun full beasiswa untuk mahasiswa pasca sarjana yang bekerjasama
dengan 5 kampus. Lima kampus itu adalah Institut Teknologi Surabaya, Universitas
Negeri Sebelas Maret Surakarta, Universitas Sanata Darma, Universitas Gajah Mada
dan Institut Teknologi Bandung.
UNS sebagai salah satu
member dari kerma Beasiswa SEAMOLEC ini di tahun 2013 mendapatkan kuota 14
Mahasiswa. Empat siswa mendapatkan beasiswa full dan 10 Mahasiswa mendapatkan
beasiswa untuk penelitian thesis. Adapun 10 mahasiswa itu adalah Derit
Vikiyono, Singgih Subiyantoro, Agus Hadi Utama, Zen Akhmad Yusuf, Merinda
Sundari, Shery Yudistia Utari, Dinar Arena tiara, Zahrotul Mufida, Anita dan
Hamda Kharisma Putra.
Sepuluh mahasiswa dari
UNS ini kemudian diundang untuk mengikuti diklat dan kuliah perdana di SEAMOLEC
selama 20 Hari. Dalam kesempatan itu dari UNS ada 1 Mahasiswa yang mengundurkan
diri karena ada halangan yang tidak bisa ditinggalkan. Jadi ada 8 mahasiswa
yang berangka ke UNS. Dari 8 mahasiswa ini, ada 1 Mahasiswa mengundurkan diri
karena diterima PNS dan harus mengikuti pemberkasan. Jadi hingga saat ini msih
ada 6 mahasiswa UNS yang mendapat beasiswa kerma SEAMOLEC.
Tulisan ini adalah
salahsatu laporan tugas perjalanan saya (Derit Vikiyono) selama berada di
SEAMOLEC. Tulisan ini dibuat mengalir agar mudah dipahami dan diambil
hikmahnya.
II.
RANGKAIAN KEGIATAN
Rangkaian kegiatan selama di SEAMOLC beranekaragam.
Di sini saya akan bagi menjadi beberapa topic yaitu 1) perkuliahan di SEAMOLEC,
2) Tugas-Tugas dan 3)diskusi ekstra kulikuler, 4)Kuliah perdana PJJ. Agar lebih
mudah berikut jadwal agenda perkuliahan selama di SEAMOLEC.
No
|
Mata Kuliah
|
Dosen Pengampu
|
Asisten Dosen
|
Jadwal Kuliah
|
1
|
Simulai Digital (2 SKS)
|
Dr. Gatot Hari Priowirjanto
|
Cahya Ratih, Puryanto/Alfan, Edo, Prayitno,
Harizt
|
Tgl. 20 -24 Desember 2013
|
2
|
Android (2 SKS)
|
Dr. Made
|
Abu
Rizal Adompo, Sajarwo, Harizt
|
Tgl. 26-28 Desember 2013
|
3
|
Networking (2 SKS)
(Matkul Pilihan)
|
Dr. Agus Maryono
|
Abbas Supardi, Besty
|
Tgl. 29 Desember 31 Desember 2013
|
4
|
OUTBOND
|
Stanley
|
|
Tgl 2 januari 2013
|
5
|
Teknopreneur
(2 SKS) (Matkul Pilihan)
|
Dr. Gatot Hari Priowirjanto
|
Muhammad Andriansyah, Prayitno
|
Tgl. 03-04 Januari 2014
|
6
|
Eks School (Matkul Pilihan)
|
Dr. Gatot Hari Priowirjanto
|
Cahya
|
Tgl. 05 Januari 2014
|
7
|
Bahasa Inggris IOS (2 SKS)
|
Cand Dr. Aritonang
|
Fininta, Anti, Novel
|
Tgl. 06-08 Januari 2014
|
8
|
Ujian Praktek
|
Dosen Pengampu
|
Cahya, Hariz, Rizal, Andri, Anti
|
tgl 9 januari 2014
|
|
PENUTUPAN
|
Direktur Seamolec
|
Cahya, Hariz, Rizal
|
Tgl. 10-11 Januari 2014
|
A.
Perkuliahan di SEAMOLEC
Di SEAMOLEC kami diajarkan 6 kompetensi “simulasi
digital” yang biasa disebut “simdig”.
Enam kompetensi ini diajarkan SEAMOLEC untuk peserta mahasiswa program
Kerjasama S2 (kerma S2). Adapun 6 kompetensi itu a. Kelas Maya, b.Simulasi
visual, c.E-Book Digital, d.Komunikasi daring, e.Video Presntasi, f.Android dan
IOS, Oubound dan English Class. Diakhir perkuliahan ada ujian dan bagi yang
lulus ujian akan mendapatkan sertifikat Master Trainer Teacher dan akan
diberikan setelah selesai magang selama 6 Bulan.
a.
Kelas Maya
Untuk pembelajaran kelas maya dilakukan secara
mandiri. Kami langsung dibikinkan group kerma-S2-Seamolec di edmodo.com dan
kami register sebagai peserta di kelas edmodo ini.
Kami juga diberikan buku/modul untuk kelas maya yang
berisi bagaimana cara menggunakan edmodo dalam pembelajaran dan fungsi fungsi
menu dalam edmodo. Kami juga diberikan tes di edmodo untuk mengukur sejauh mana
kemampuan kami dalam kompetensi kelas maya ini. grade untuk kelulusan
mengerjakan kelas maya ini cukup besar. Dari 40 sol, kami harus mampu
menyelesaikan minimal 36 soal. Pembelajaran dilakukan secara mandiri.
b.
Simulasi visual
Simulasi visual dalam kuliah ini kami diberikan
aplikasi blender. Kami diajari bagaimana melakukan modeling terhadap sebuah
benda. Kami juga diberikan tes untuk modeling meja. Selain itu kami juga
diberikan tugas membuat kitchen set.
Dalam tahapan yang lebih jauh lagi, kami juga
diajari bagaimana membuat animasi dan merendernya menjadi bentuk video. Kami
diberikan modul dan juga video presentasi bagaimana cara membuat dan
menggunakan aplikasi blender ini dalam banyak hal.
c.
E-Book Digital
Dengan metode yang sama yaitu belajar mandiri dengan
diawali tatap muka, kami diajari membuat e-book digital. Sebagaimana yang
diajarkan kepada kami bahwa e-ook digital tidak hanya berisi tulisan namun bisa
juga gambar, suara dan video presentasi.
Aplikasi yang digunakan untuk membuat e-book digital
ini adalah sigil. Lumayan mudah untuk digunkan dan hasilnya juga bagus.
Aplikasi e-book digital ini bisa dibuka di google chrom dengan menginstall
readium.
Kami diajari bagaimana memasukkan video, memasukkan
gambar, membuat daftar isi otomatis, memasukkan suara dsb. Diawal kami langsung
diberikan tugas untuk membuat e-book digital dari bahan skripsi kami masing-masing.
Sebagaimana mata kuliah yang lain, maka di e-book digital ini juga ada ujian
yang harus kami kerjakan di edmodo.com.
d.
Komunikasi
daring
Komunikasi daring diberikan sebagai bekal untuk
melakukan komunikasi jarak jauh. Kami diberikan modul dan mayorits di sini
menggunakan google facilities seperti google hangout, google+, dll. Di
komunikasi daring ini kami disuruh belajar mandiri kemudian mengerjakan soal
yang berada di edmodo.com. Lumayan sussah juga soal-soal nya, namun
Alhamdulillah bisa kami tuntaskan meski hasilnya tidak istimewa.
e.
Video Presntasi
Untuk membuat video presentasi, kami hanya diberikan
e-book untuk dipelajari. Seperti biasa, kemudian kami diminta menyelesaikan
tugas soal-soal di edmodo.com. kami juga diminta membuat video presentasi yang menggambarkan
an menjelaskan skripsi kami.
f.
Android dan IOS
Pembelajaran membuat aplikasi android menggunakan
aplikasi appinventor. Ini sebuah program untuk membuat aplikasi android
berbasis blog yang mudah. Mudah karena bisa dioperasikan siapa saja dengan logika
matematika yang tak sermit program coding-codingan. Aplikasi inipun juga bisa
dioperasikan secara offline.
Sudah menjadi cirikhas pembelajaran di seamolec,
kamipun diberikan tugas untuk membuat aplikasi android. Ada yang tugas kelompok
da nada juga tugas individu. Untuk tugas individu kami dimina membuat artikel
tentang android masa depan.
Sekilas, android ini merupakan pemograman yang
bersifat terbuka. Artinya siapa saja bisa mengembangkan aplikasi untuk android.
Inilah yang kemudian memberikan banyak peluang kepada developer (pegembang)
aplikasi berlomba membuat aplikasi yang laris manis.
Untuk program IOS, kami diajari untuk mengunakan
aplikasi LOLILONote. Program untuk presentasi dan juga media pembelajaran.
Menurut saya kurang menarik dan terkesan rumit. Kalaupun disuruh memilih saya
mending mengembangkan android daripada menggunakan program di I-Pad ini.
g.
Outbound
Program outbound diberikan agar peserta program
kerma S2 ini memiliki semangat dan motivasi sehingga tetap enjoy dalam
menjalani program kerma S2 ini. kata stenley program ini penting karena pernah
dulu ada satu angkatan tidak ada program outbound dan ternyata 90% mahasiswa
peserta program itu drop out.
Di outbound ini kami dimotivasi untuk menjadi
pemenang. Kami belajar sambil bermain. Banyak hikmah dan pengalaman. Kami juga
belajar bekerjasama dalam tim untuk menyelesaikan misi. Yang jelas banyak
sekali manfaatnya.
h.
English Class
Kami juga diajari untuk menggunakan Bahasa Inggris.
Kami diberikan tugas untuk menanggapi beberapa topic masalah dalam Bahasa
inggris, kemudian kami presentasi dengan argument dan alasan yang kami miliki.
Lumayan juga untuk melatih Bahasa Inggris.
B.
Tugas-Tugas
Jika berbicara tugas, sebenarnya selama kami di
SEAMOLEC selalu ada tugas. Tugas yang harus diselesaikan, dan dikumpulkan dengan
rentang waktu tertenu. Seperti yang sudah saya jabarkan sedikit di
paragraph-paragraf sebelumnya.
Tugas Android dan IOS. Untuk android tugasnya adalah
1)mengerjakan soal-soal di edmodo.com, 2)membuat dua aplikasi satu kelompok 3
orang dengan ketentuan satu aplikasi gratis dan yang satu berbayar, 3)sebelum
membuat aplikasi kami diminta membuat proposal pembuatan aplikasi, dan 4)kami
diminta untuk menghasilkan 50 aplikasi android sehingga kami layak mendapatkan
sertifikat master trainer teacher untuk android. Untuk tugas IOS diminta untuk
mengembangkan dan membuat bahan ajar menggunakan LOLILONote minimal 20 bahan
ajar.
Tugas E-Book Digital. Kami diminta untuk membuat
E-Book digital secara individu satu e-Book Digital, kemudian untuk kelompok
yang terdiri dari 2 orang diberi tugas untuk membuat 2 E-Book digital, selain
itu kami juga diberikan tugas untuk membuat satu lagi e-book digital dalam
kelompok android.
Dalam kesempatan ini, saya mendapat kesempatan untuk
berbagi ilmu yang di cianjur. Saya dan beberapa teman ditugaskan untuk
mendiklat guru dan siswa di cianjur tentang kompetensi simdig (simulasi
Digital). Alhamdulillah tambah pengalaman.
C.
Diskusi
Ekstrakulikuler
SEAMOLEC
memiliki trobosan untuk membuat ekstrakulikuler berbasis teknopreneur, namun
konspnya masih belum matang sehingga dalam kesempatan itu, kami dimintai
bantuan untuk berdiskusi dan membuat rancangan program ekstrakulikuler yang
meliputi :
1. Green school band
(kebersihan sekolah)
2. Biotrac (tabung
pohon)
3. Duta pelajar
SEAMOLEC (simulasi digital)
4. SEA-droid (android)
5. E-pramuka/sea-boyscout
6. Sea-edotel
(perhotelan->pariwisata)
7. SEAMOLEC Blender
Ganesha (animasi)
8. Videografi
(pembuatan film)
9. Digital Fotografi
10. Technopreneur
Dari
ide ini kemudian kami dibentuk beberapa bidang. Adapun bidang itu yaitu :
1. Lingkungan
2. Pariwisata
3. Fotografi
4. Videografi
5. Animasi
6. RPL
Dari
keenam bidang ini meudian kami dibentuk kelompok untuk mendiskusikan,
mengaitkan dan menjawab pertanyaan berikut :
1. Kaitan technopreneur dengan masing-masing bidang (“apa
yang bisa dijual?”)
2. Latar belakang dan tujuan pengembangan masing-masing
bidang (“masalah apa dan solusinya apa?”)
3. Sistem dan mekanisme untuk mencapai tujuan
pengembangan (“bagaimana solusi tersebut dilaksanakan?”)
Hasil dari diskusi ini akan diajukan dan dijadikan
sebagai bahan pertimbangan oleh tim seamolec untuk diaplikasikan di
sekolah-sekolah.
D.
Kuliah
Perdana PJJ
Dihari terakhir ada perkuliahan PJJ untuk mata
kuliah yang dibagikan dari masing-masing kampus. Dalam kuliah ini ada 5
perguruan tinggi yang memaparkan mata kuliah PJJ dengan topic masing-masing.
Dari Sanata Darma mata kuliah yang akan dibagikan ke
peserta kerma S2 SEAMOLEC adalah English for Writing. Untuk UNS yang diwakili
oleh Bpk Harno sebagai penyaji membagikan materi tentang pembelajaran mandiri.
Sedangkan ITS memberikan mata kuliah tentang pembelajaran game, pembuatan game
dan sejenisnya. UGM mebagikan mata kuliah tentang PJJ. ITB membagikan mata
kuliah terkait desain.
Setelah kuliah perdana ini, pertemuan selanjutnya
dilakukan PJJ dengan panduan modul yang telah dibuat oleh masing-masing dosen
pengampu dari universitas masing-masing.
E.
Pemagangan
Setelah kami selesai diklat selama 20 hari di
SEAMOLEC, maka kami diwajibkan untuk magang. Magang disini bertujuan untuk
menerapkan ilmu yang telah kami dapat. Tempat pemagangan bisa di sekolah
jenjang apa saja. Untuk UNS difokuskan pada SMK dan SMA.
Selama magangpun ada beberapa target yang harus
dihasilkan oleh peserta yang dilatih. Dalam hitungan minimal ada 50 siswa yang
terbina dan bersertifikat sebagai trainer simdig di SMK dan SMA yang dibina.
Di acara penutupan pun, Mr Gatot memberikan motivasi
dan janji bahwa untuk mahasiswa terbaik tiap-tiap universitas akan mendapat
kesempatan pergi keluar negeri. Adapun indikator siapa yang akan ditempatkan
diluar negeri dihitung dari jumlah siswa yang terbina dan mendapat sertifikat
master trainer terbanyak.
III.
PENUTUP
Demikian catatan saya dalam perjalanan selama di
SEAMOLEC. Banyak hikmah dan pengalaman, semoga bisa menjadi pelajaran berharga.
Yang jelas dari diklat ini saya bisa menghasilkan produk nyata seperti aplikasi
android, e-book digital dll. Berikut ini beberapa karya saya selama di
SEAMOLEC.
![]() |

useful information and help..
BalasHapushttp://goo.gl/aZfjHF