Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Diklat Program KERMA-S2-SEAMOLEC

Peserta dari UNS Program Kerma-S2-SEAMOLEC


I.                  PENDAHULUAN
SEAMOLEC adalah kepanjangan dari South East Asean Ministry Open and Learning Center. SEAMOLEC adalah lembaga dibawah departemen pendidikan dan kebudayaan Indonesia, bergerak dalam pengembangan pendidikan jarak jauh. Kantor pusatnya ada di kompleks Universitas Terbuka Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang 15418, di Tangerang selatan, JABODETABEK, Indonesia. E-Mail : secretariat@seamolec.org.
Saat ini SEAMOLEC dipimpin oleh Bpk Gatot Hari Priowirjanto. Dari www.suarapembaruan.com disebutkan bahwa menurut Direktur SEAMOLEC, SEAMOLEC adalah merupakan sebuah organisasi yang beranggota menteri-menteri pendidikan se-Asia tenggara yang bertnggungjawab untuk mengembangkan pendidikan terbuka dan pendidikan jarak jauh.
Ada banyak program dari SEAMOLEC khususnya dalam penelitian dan pengembangan pendidikan. Salah satunya adalah program kerja sama pasca sarjana yaitu suatu proram beasiswa baik penelitian maupun full beasiswa untuk mahasiswa pasca sarjana yang bekerjasama dengan 5 kampus. Lima kampus itu adalah Institut Teknologi Surabaya, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Universitas Sanata Darma, Universitas Gajah Mada dan Institut Teknologi Bandung.
UNS sebagai salah satu member dari kerma Beasiswa SEAMOLEC ini di tahun 2013 mendapatkan kuota 14 Mahasiswa. Empat siswa mendapatkan beasiswa full dan 10 Mahasiswa mendapatkan beasiswa untuk penelitian thesis. Adapun 10 mahasiswa itu adalah Derit Vikiyono, Singgih Subiyantoro, Agus Hadi Utama, Zen Akhmad Yusuf, Merinda Sundari, Shery Yudistia Utari, Dinar Arena tiara, Zahrotul Mufida, Anita dan Hamda Kharisma Putra.
Sepuluh mahasiswa dari UNS ini kemudian diundang untuk mengikuti diklat dan kuliah perdana di SEAMOLEC selama 20 Hari. Dalam kesempatan itu dari UNS ada 1 Mahasiswa yang mengundurkan diri karena ada halangan yang tidak bisa ditinggalkan. Jadi ada 8 mahasiswa yang berangka ke UNS. Dari 8 mahasiswa ini, ada 1 Mahasiswa mengundurkan diri karena diterima PNS dan harus mengikuti pemberkasan. Jadi hingga saat ini msih ada 6 mahasiswa UNS yang mendapat beasiswa kerma SEAMOLEC.
Tulisan ini adalah salahsatu laporan tugas perjalanan saya (Derit Vikiyono) selama berada di SEAMOLEC. Tulisan ini dibuat mengalir agar mudah dipahami dan diambil hikmahnya.
II.               RANGKAIAN KEGIATAN
Rangkaian kegiatan selama di SEAMOLC beranekaragam. Di sini saya akan bagi menjadi beberapa topic yaitu 1) perkuliahan di SEAMOLEC, 2) Tugas-Tugas dan 3)diskusi ekstra kulikuler, 4)Kuliah perdana PJJ. Agar lebih mudah berikut jadwal agenda perkuliahan selama di SEAMOLEC.
No
Mata Kuliah
Dosen Pengampu
Asisten Dosen
Jadwal Kuliah
1
Simulai Digital (2 SKS)
Dr. Gatot Hari Priowirjanto
Cahya Ratih, Puryanto/Alfan, Edo, Prayitno, Harizt
Tgl. 20 -24 Desember 2013
2
Android (2 SKS)
Dr. Made
 Abu Rizal Adompo, Sajarwo, Harizt
Tgl. 26-28 Desember 2013
3
Networking (2 SKS)
(Matkul Pilihan)
Dr. Agus Maryono
Abbas Supardi, Besty
Tgl. 29 Desember 31 Desember 2013
4
OUTBOND
Stanley

Tgl 2 januari 2013
5
Teknopreneur  (2 SKS) (Matkul Pilihan)
Dr. Gatot Hari Priowirjanto
Muhammad Andriansyah, Prayitno
Tgl. 03-04 Januari 2014
6
Eks School (Matkul Pilihan)
Dr. Gatot Hari Priowirjanto
Cahya
Tgl. 05 Januari 2014
7
Bahasa Inggris IOS (2 SKS)
Cand Dr. Aritonang
Fininta, Anti, Novel
Tgl. 06-08 Januari 2014
8
Ujian Praktek
Dosen Pengampu
Cahya, Hariz, Rizal, Andri, Anti
tgl 9 januari 2014

PENUTUPAN
Direktur Seamolec
Cahya, Hariz, Rizal
Tgl. 10-11 Januari 2014

A.    Perkuliahan di SEAMOLEC
Di SEAMOLEC kami diajarkan 6 kompetensi “simulasi digital” yang biasa disebut “simdig”.  Enam kompetensi ini diajarkan SEAMOLEC untuk peserta mahasiswa program Kerjasama S2 (kerma S2). Adapun 6 kompetensi itu a. Kelas Maya, b.Simulasi visual, c.E-Book Digital, d.Komunikasi daring, e.Video Presntasi, f.Android dan IOS, Oubound dan English Class. Diakhir perkuliahan ada ujian dan bagi yang lulus ujian akan mendapatkan sertifikat Master Trainer Teacher dan akan diberikan setelah selesai magang selama 6 Bulan.
a.       Kelas Maya
Untuk pembelajaran kelas maya dilakukan secara mandiri. Kami langsung dibikinkan group kerma-S2-Seamolec di edmodo.com dan kami register sebagai peserta di kelas edmodo ini.
Kami juga diberikan buku/modul untuk kelas maya yang berisi bagaimana cara menggunakan edmodo dalam pembelajaran dan fungsi fungsi menu dalam edmodo. Kami juga diberikan tes di edmodo untuk mengukur sejauh mana kemampuan kami dalam kompetensi kelas maya ini. grade untuk kelulusan mengerjakan kelas maya ini cukup besar. Dari 40 sol, kami harus mampu menyelesaikan minimal 36 soal. Pembelajaran dilakukan secara mandiri.
b.      Simulasi visual
Simulasi visual dalam kuliah ini kami diberikan aplikasi blender. Kami diajari bagaimana melakukan modeling terhadap sebuah benda. Kami juga diberikan tes untuk modeling meja. Selain itu kami juga diberikan tugas membuat kitchen set.
Dalam tahapan yang lebih jauh lagi, kami juga diajari bagaimana membuat animasi dan merendernya menjadi bentuk video. Kami diberikan modul dan juga video presentasi bagaimana cara membuat dan menggunakan aplikasi blender ini dalam banyak hal.
c.       E-Book Digital
Dengan metode yang sama yaitu belajar mandiri dengan diawali tatap muka, kami diajari membuat e-book digital. Sebagaimana yang diajarkan kepada kami bahwa e-ook digital tidak hanya berisi tulisan namun bisa juga gambar, suara dan video presentasi.
Aplikasi yang digunakan untuk membuat e-book digital ini adalah sigil. Lumayan mudah untuk digunkan dan hasilnya juga bagus. Aplikasi e-book digital ini bisa dibuka di google chrom dengan menginstall readium.
Kami diajari bagaimana memasukkan video, memasukkan gambar, membuat daftar isi otomatis, memasukkan suara dsb. Diawal kami langsung diberikan tugas untuk membuat e-book digital dari bahan skripsi kami masing-masing. Sebagaimana mata kuliah yang lain, maka di e-book digital ini juga ada ujian yang harus kami kerjakan di edmodo.com.
d.      Komunikasi daring
Komunikasi daring diberikan sebagai bekal untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Kami diberikan modul dan mayorits di sini menggunakan google facilities seperti google hangout, google+, dll. Di komunikasi daring ini kami disuruh belajar mandiri kemudian mengerjakan soal yang berada di edmodo.com. Lumayan sussah juga soal-soal nya, namun Alhamdulillah bisa kami tuntaskan meski hasilnya tidak istimewa.
e.       Video Presntasi
Untuk membuat video presentasi, kami hanya diberikan e-book untuk dipelajari. Seperti biasa, kemudian kami diminta menyelesaikan tugas soal-soal di edmodo.com. kami juga diminta membuat video presentasi yang menggambarkan an menjelaskan skripsi kami.
f.       Android dan IOS
Pembelajaran membuat aplikasi android menggunakan aplikasi appinventor. Ini sebuah program untuk membuat aplikasi android berbasis blog yang mudah. Mudah karena bisa dioperasikan siapa saja dengan logika matematika yang tak sermit program coding-codingan. Aplikasi inipun juga bisa dioperasikan secara offline.
Sudah menjadi cirikhas pembelajaran di seamolec, kamipun diberikan tugas untuk membuat aplikasi android. Ada yang tugas kelompok da nada juga tugas individu. Untuk tugas individu kami dimina membuat artikel tentang android masa depan.
Sekilas, android ini merupakan pemograman yang bersifat terbuka. Artinya siapa saja bisa mengembangkan aplikasi untuk android. Inilah yang kemudian memberikan banyak peluang kepada developer (pegembang) aplikasi berlomba membuat aplikasi yang laris manis.
Untuk program IOS, kami diajari untuk mengunakan aplikasi LOLILONote. Program untuk presentasi dan juga media pembelajaran. Menurut saya kurang menarik dan terkesan rumit. Kalaupun disuruh memilih saya mending mengembangkan android daripada menggunakan program di I-Pad ini.

g.      Outbound
Program outbound diberikan agar peserta program kerma S2 ini memiliki semangat dan motivasi sehingga tetap enjoy dalam menjalani program kerma S2 ini. kata stenley program ini penting karena pernah dulu ada satu angkatan tidak ada program outbound dan ternyata 90% mahasiswa peserta program itu drop out.
Di outbound ini kami dimotivasi untuk menjadi pemenang. Kami belajar sambil bermain. Banyak hikmah dan pengalaman. Kami juga belajar bekerjasama dalam tim untuk menyelesaikan misi. Yang jelas banyak sekali manfaatnya.
h.      English Class
Kami juga diajari untuk menggunakan Bahasa Inggris. Kami diberikan tugas untuk menanggapi beberapa topic masalah dalam Bahasa inggris, kemudian kami presentasi dengan argument dan alasan yang kami miliki. Lumayan juga untuk melatih Bahasa Inggris.

B.          Tugas-Tugas
Jika berbicara tugas, sebenarnya selama kami di SEAMOLEC selalu ada tugas. Tugas yang harus diselesaikan, dan dikumpulkan dengan rentang waktu tertenu. Seperti yang sudah saya jabarkan sedikit di paragraph-paragraf sebelumnya.
Tugas Android dan IOS. Untuk android tugasnya adalah 1)mengerjakan soal-soal di edmodo.com, 2)membuat dua aplikasi satu kelompok 3 orang dengan ketentuan satu aplikasi gratis dan yang satu berbayar, 3)sebelum membuat aplikasi kami diminta membuat proposal pembuatan aplikasi, dan 4)kami diminta untuk menghasilkan 50 aplikasi android sehingga kami layak mendapatkan sertifikat master trainer teacher untuk android. Untuk tugas IOS diminta untuk mengembangkan dan membuat bahan ajar menggunakan LOLILONote minimal 20 bahan ajar.
Tugas E-Book Digital. Kami diminta untuk membuat E-Book digital secara individu satu e-Book Digital, kemudian untuk kelompok yang terdiri dari 2 orang diberi tugas untuk membuat 2 E-Book digital, selain itu kami juga diberikan tugas untuk membuat satu lagi e-book digital dalam kelompok android.
Dalam kesempatan ini, saya mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu yang di cianjur. Saya dan beberapa teman ditugaskan untuk mendiklat guru dan siswa di cianjur tentang kompetensi simdig (simulasi Digital). Alhamdulillah tambah pengalaman.
C.      Diskusi Ekstrakulikuler
SEAMOLEC memiliki trobosan untuk membuat ekstrakulikuler berbasis teknopreneur, namun konspnya masih belum matang sehingga dalam kesempatan itu, kami dimintai bantuan untuk berdiskusi dan membuat rancangan program ekstrakulikuler yang meliputi :
1.      Green school band (kebersihan sekolah)
2.      Biotrac (tabung pohon)
3.      Duta pelajar SEAMOLEC (simulasi digital)
4.      SEA-droid (android)
5.      E-pramuka/sea-boyscout
6.      Sea-edotel (perhotelan->pariwisata)
7.      SEAMOLEC Blender Ganesha (animasi)
8.      Videografi (pembuatan film)
9.      Digital Fotografi
10.  Technopreneur
Dari ide ini kemudian kami dibentuk beberapa bidang. Adapun bidang itu yaitu :
1.      Lingkungan
2.      Pariwisata
3.      Fotografi
4.      Videografi
5.      Animasi
6.      RPL
Dari keenam bidang ini meudian kami dibentuk kelompok untuk mendiskusikan, mengaitkan dan menjawab pertanyaan berikut :
1. Kaitan technopreneur dengan masing-masing bidang (“apa yang bisa dijual?”)
2. Latar belakang dan tujuan pengembangan masing-masing bidang (“masalah apa dan solusinya apa?”)
3. Sistem dan mekanisme untuk mencapai tujuan pengembangan (“bagaimana solusi tersebut dilaksanakan?”)
Hasil dari diskusi ini akan diajukan dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh tim seamolec untuk diaplikasikan di sekolah-sekolah.

D.       Kuliah Perdana PJJ
Dihari terakhir ada perkuliahan PJJ untuk mata kuliah yang dibagikan dari masing-masing kampus. Dalam kuliah ini ada 5 perguruan tinggi yang memaparkan mata kuliah PJJ dengan topic masing-masing.
Dari Sanata Darma mata kuliah yang akan dibagikan ke peserta kerma S2 SEAMOLEC adalah English for Writing. Untuk UNS yang diwakili oleh Bpk Harno sebagai penyaji membagikan materi tentang pembelajaran mandiri. Sedangkan ITS memberikan mata kuliah tentang pembelajaran game, pembuatan game dan sejenisnya. UGM mebagikan mata kuliah tentang PJJ. ITB membagikan mata kuliah terkait desain.
Setelah kuliah perdana ini, pertemuan selanjutnya dilakukan PJJ dengan panduan modul yang telah dibuat oleh masing-masing dosen pengampu dari universitas masing-masing.

E.         Pemagangan
Setelah kami selesai diklat selama 20 hari di SEAMOLEC, maka kami diwajibkan untuk magang. Magang disini bertujuan untuk menerapkan ilmu yang telah kami dapat. Tempat pemagangan bisa di sekolah jenjang apa saja. Untuk UNS difokuskan pada SMK dan SMA.
Selama magangpun ada beberapa target yang harus dihasilkan oleh peserta yang dilatih. Dalam hitungan minimal ada 50 siswa yang terbina dan bersertifikat sebagai trainer simdig di SMK dan SMA yang dibina.
Di acara penutupan pun, Mr Gatot memberikan motivasi dan janji bahwa untuk mahasiswa terbaik tiap-tiap universitas akan mendapat kesempatan pergi keluar negeri. Adapun indikator siapa yang akan ditempatkan diluar negeri dihitung dari jumlah siswa yang terbina dan mendapat sertifikat master trainer terbanyak.



III.             PENUTUP
Demikian catatan saya dalam perjalanan selama di SEAMOLEC. Banyak hikmah dan pengalaman, semoga bisa menjadi pelajaran berharga. Yang jelas dari diklat ini saya bisa menghasilkan produk nyata seperti aplikasi android, e-book digital dll. Berikut ini beberapa karya saya selama di SEAMOLEC.










Enhanced by Zemanta

1 komentar untuk "Laporan Diklat Program KERMA-S2-SEAMOLEC"

  1. useful information and help..

    http://goo.gl/aZfjHF

    BalasHapus

Terimakasih...