PROPOSAL KEGIATAN “One Day Training : Pemanfaatan Blogger untuk Pembelajaran”
PROPOSAL KEGIATAN
“One Day Training : Pemanfaatan Blogger untuk Pembelajaran”
Di susun oleh :
Derit Vikiyono S811308007
I.
LATAR BELAKANG
Semakin
pesatnya perkembangan teknologi informasi, menuntut guru sebagai pendidik untuk
dapat memanfaatkan teknologi tersebut secara tepat. Mengapa harus secara tepat?
Sebagaimana Pak Uweis dalam seminar Nasional Pendidikan di UNS th 2013
menyebutkan bahwa teknologi modern dalam pendidikan belom tentu itu tepat
digunakan. Mengapa? Karena jika tidak tepat sesuai dengan fungsinya maka bisa
dikatakan itu teknologi lama.
Beliau memberikan contoh penggunaan
powerpint. Ini teknologi modern, namun jika powerpoint ini hanya berisikan
tulisan saja yang tidak menarik dan guru membaca tulisan itu ketika
mempresentasikan kemudian membuat siswa tidak semangat, maka bisa dikatakan ini
bukan teknologi modern. Jadi penggunaan teknologi ini harus secara tepat.
Lalu bagaimana dengan teknologi
baru? Berbicara teknologi baru dalam pendidikan sesungguhnya kita tidak bisa
lepas dari ruang dan waktu. Artinya ketika satu teknologi di tempat A adalah
hal yang sudah lama, bisa jadi di tempat B adalah hal yang baru. Maka paradigm
baru dalam hal ini adalah baru dalam artian penggunaan. Jika penggunaan itu
belom pernah digunakan di tempat itu, maka bisa dikatakan ini teknologi baru.
Dalam pendidikan teknologi tidak
selalu berbentuk mesin. Teknologi bisa diartikan apapun yang baru yang dapat
digunakan untu menunjang efektifitas pembelajaran.
Teknologi ibarat senjata yang dapat
dimanfaatkan untuk kebaikan dan keburukan. Ayaknya sebuah pisau dapur, bisa
digunakan untuk mencincang daging, namun bisa juga untuk membuhuh ayam
tetangga. Begitu jugalah teknologi, kemanfaatannya tergantung pada penggunanya.
Dalam dunia pendidikan kita mengenal
sumber-sumber belajar. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat siswa
gunakan untuk belajar. Sedangkan belajar adalah terjadinya proses perubahan
dalam diri pembelajar. Jadi sumber belajar harus mampu memberikan perubahan
terhadap pembelajar selain harus menyediakan sesuatu yang dapat dipelajari.
Ada banyak jenis sumber belajar yang
sering kita tulis di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu buku ajar,
internet, dan sumber lain. Seringkali kita sebagai guru hanya meng copy paste
sumber-sumber itu. Untuk memaksilamkan pembelajaran, seharusnya ketika kita
menuliskan sumber belajar kita juga paham.
Internet sebagai sumber belajar
Bagaimana internet dapat kita manfaatkan
sebagai sumber belajar? Agar kita lebih mudah mencerna, perhatikan contoh
berikut. Pertama ada guru yang memberikan tugas kepada siswa untuk mencari
artikel di internet kemudian dikumpulkan. Kedua, Guru memberikan tugas kepada
siswa kemudian siswa diminta untuk mengirimkan tugasnya melalui e-mail. Dari
kedua kasus ini manakah yang menggunakan internet sebagai sumber belajar? Dan
manakah yang menggunakan internet sebagai media? Sudah jelas, yang kedua adalah
sebagai media saja sedangkan yang pertama sebagai sumber belajar. Lalu manakah
yang memanfaatkan teknologi? Keduanya memanfaatkan teknologi. Manakah yang
lebih modern dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran? Berikut
penjelasannya.
Yang pertama dikatakan sebagai media
karena siswa menggunakan internet sebagai sumber belajarnya. Siswa mencari
informasi dari internet. Internet menjadi sumber belajar dan referensinya.
Inilah yang kita maksud dan akan kita jelaskan lebih mendalam tentang “blogger
untuk pembelajaran”.
Yang
kedua hanya sebagai media, lebih tepatnya media menyampaikan informasi. Tugas
yang biasanya dikumpulkan kepada guru secara langsung, dalam kasus ini
dikumpulkan melalui e-mail. Memang ini pemanfaatan teknologi dan mungkin siswa
juga belajar menggunakan e-mail, namun kurang maksimal jika dikatakan sebagai
sumber belajar. Hal ini karena siswa tidak mendapatkan informasi dari e-mail
itu.
Dari
segi pemanfaatan teknologi, kedua kasus itu memanfaatkan teknologi. Yang satu
sebagai sumber belajar dan yang satunya sebagai media. Lalu manakah yang lebih
modern dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran? Keduanya sama-sama
modern, namun dalam pembelajaran kasus yang pertama lebih modern karena
menggunakannya sebagai sumber belajar siswa.
Dari
uraian diatas pastilah timbul satubuah pertanyaan, bagaimana memanfaatkan
teknologi yang benar dalam pembelajaran?. Bagaimana blogger kita manfaatkan
dalam pembelajaran? Dan mengapa harus menggunakan blogger?. Maka dari itu inilah pentingnya pelatihan ini. maka
dari itu diselenggarakan pelatihan Blogger
untuk Pembelajaran bagi guru SMP se-Kabupaten Ponorogo.
II.
LANDASAN KEGIATAN
Adapun landasan kegiatan dalam One Day Training Pemanfaatan Blogger dalam
pembelajaran ini adalah :
1.
Undang undang No. 20 th 2003
tentang SISDIKNAS
2.
Undang-undang No. 14 th 2005
tentang guru dan dosen
3.
Hasil keputusan DIKNAS
Kabupaten Ponorogo tentang peningkatan profesionalisme guru
III.
METODE PELATIHAN
Metode
palatihan yang digunakan adalah :
1.
Ceramah
2.
Demonstrasi
3.
Simulasi
4.
Diskusi
5.
Active learning
6.
Learning by Doing
7.
Joyfull learning
8.
Kontmplasi Pembelajaran
IV.
TUJUAN
Adapun tujuan dari kegiatan One day training “pemanfaatan blogger untuk
Pembelajaran ini adalah :
1.
Meningkatkan kapasistas
Pendidik
2.
Meningkatkan profesionalisme guru
3.
Meningkatkan peranan teknologi
dalam pembelajaran
4.
Meningkatkan media sumber
belajar bagi siswa
5.
Memberikan keterampilan
blogger kepada guru
6.
Memberikan kiat pemanfaatan
blogger untuk pembelajaran
V.
OUTPUT PELATIHAN
Adapun
output setelah peserta mengikuti pelatihan ini adalah
1.
Peserta diklat dapat
menghasilkan produk blog dan alamat e-Mail
2.
Peserta diklat dapat mengunggah
gambar, video, berkas dan file
3.
Peserta diklat dapat mengganti
templete tampilan blog
4.
Peserta diklat dapat memposting
tulisan
5.
Peserta diklat dapat
memanfaatkan blogger untuk pembelajaran dengan content yang ada
VI.
PESERTA
Peserta dalam pelatihan ini sejumlah 50 Orang
guru SMP se-Kabupaten Ponorogo yang direkomendasikan oleh kepala sekolah
masing-masing.
Peserta dalam kegiatan ini diwajibkan membawa
laptop sendiri-sendiri dan membayar iuran peserta sebesar Rp. 100.000,-
(Seratus Ribu Rupiah) dengan fasilitas Sertifikat, Modul Pelatihan, File, Blovk
Note, Snack pagi, Makan Siang, coffe break, Free Wi Fi, Hotel bintang 2 dan
Buku “Blogger untuk Pembelajaran”.
VII.
PENYELENGGARA DIKLAT
Penyelenggara diklat ini adalah SMPIT Qurrota A’yun Ponorogo.
VIII. WAKTU Dan TEMPAT PELAKSANAAN
Diklat ini dilaksanakan selama satu hari pada tanggal 6 Juli 2014 dimulai
dari pukul 08.00WIB-17.00 WIB. Adapun tempat pelaksanaan di hotel ATC, Kompleks Telaga Ngebel, Ngebel, Ponorogo,
Jawa TImur, Indonesia.
IX.
SUSUNAN ACARA
Adapun untuk susunan kegiatan terlampir dalam lampiran 1
X.
SUSUNAN PANITIA
Adapun susunan panitia kegiatan ini terlampir dalam lampiran 2
XI.
ANGGARAN
Adapun Anggaran Dana kegiatan ini terlampir dalam lampiran 3
XII.
SUMBER DANA
Dalam kegiatan ini dana didapat dari 1)Peserta, 2)Donatur dan 3)Anggaran
SMPIT Qurrota A’yun Ponorogo.
XIII. PENUTUP
Semoga
kegiatan ini dapat berjalan dengan lancer dan mendapatkan ridho serta berka
dari Yang Maha Kuasa. Aamiin
Lampiran 1 :
Susunan Acara
No
|
Waktu
|
Acara
|
Penanggung Jawab
|
1
|
08.00-08.30
|
Registrasi Peserta
|
Panitia
|
2
|
08.30-09.00
|
Opening Ceremoney
|
Panitia
|
3
|
09.00-10.30
|
Materi I : Blended Learning dalam pembelajaran era digital
Bersama : Dr. Suharno, M.Pd
|
Panitia
|
4
|
10.30-12.00
|
Materi II : Pemanfaatan Blogger untuk Pembelajaran
Bersama : Dr. Agus Pratomo, M.Pd
|
Panitia
|
5
|
12.00-13.00
|
ISHOMA
|
Panitia
|
6
|
13.00-14.45
|
Materi III : Praktikum membuat blog
Bersama : Singgih Subiyantoro,M.Pd
|
Panitia
|
7
|
14.45-15.30
|
ISHOMA / Coffe Break
|
Panitia
|
8
|
15.00-17.00
|
Materi IV : Praktikum pemanfaatan blog
Bersama : Derit Vikiyono, M.Pd
|
Panitia
|
9
|
17.00
|
Penutup
|
Panitia
|
Lampiran 2 :
Susunan Panitia
Penanggungjawab
: Kepala Sekolah SMPIT Qurrota A’yun
Ketua
Pelaksana : Mu’tijab Mukti, M.Pd
Sekretaris : Wahyu Nur Katmin, S.Pd
Bendahara : Rulik Setiyaningrum, S.Pd
Sie Acara :
Dodit
Mulyanto, S.Pd
Anggit
Pranoto, S.Pd
Sie Konsumsi
:
Indah Sri
Hastuti, S.Pd
Aning Puji
Astuti, S.Pd
Sie
Perlengkapan :
Raditya
Anggara, S.Pd
Bambang Hadi
Utama, S.Pd
Ali Murtadlo
Sie Dekorasi
dan Dokumentasi :
Adi Mulyono,
S.Pd
Susilo, S.Pd
Lampiran 3 :
Anggaran Dana
A. Pemasukan
1.
Peserta 50X Rp. 100.000,0 = Rp.5.000.000,-
2.
Kas SMPIT =
Rp. 100.000,-
Total =
Rp. 5.100.000,-
B. Pengeluaran
Sie Acara :
1.
Operasional =
Rp. 200.000,-
2.
Pemateri =
Rp. 2.000.000,-
3.
Fasilitas peserta =
Rp. 2.000.000,-
Sie Konsumsi
:
1.
Snack Pagi dan coffer break = Rp. 1.000.000,-
2.
Makan siang =
Rp. 2.000.000,-
Sie
Perlengkapan :
1.
Benner, spanduk, dll = Rp.
500.000,-
Sie Dekorasi
dan Dokumentasi :
1.
Cetak video =
Rp. 200.000,-
Total
Pengeluaran Rp. 7.400.000,-
Jadi
kekurangan dana adalah pemasukan Rp. 5.100.000,- dikurangi pengeluaran Rp.
7.400.000,- sehingga total kekurangan dana sebesar Rp. 2.300.000,- yang
diharapkan dapat dipenuhi dari donator maupun sponsor.
Posting Komentar untuk "PROPOSAL KEGIATAN “One Day Training : Pemanfaatan Blogger untuk Pembelajaran”"
Terimakasih...